ARA.BIC Ep. 5A – Jawaban Latihan

Gimana sahabat-sahabat, udah nyoba belum latihan di Episode 5? Belajar Bahasa Arab itu justru keseruannya di latihannya. Macam ngerjain soal matematika atau fisika, haha.

OK. Ini jawabannya yak.

1. Buatlah Mu’min dan Mu’minah Chart! (orang beriman)

Mu’min Chart

Mu’minun – mu’minan – mu’minin; mu’minaani – mu’minaini – mu’minaini; mu’minuuna – mu’miniina – mu’miniina.

Mu’minah Chart

Mu’minatun – mu’minatan – mu’minatin; mu’minataani – mu’minataini – mu’minataini; mu’minaatun – mu’minaatin – mu’minaatin.

2. Buatlah Musyrik dan Musyrikah Chart! (orang musyrik)

Musyrik Chart

Musyrikun – musyrikan – musyrikin; musyrikaani – musyrikaini – musyrikaini; musyrikuuna – musyrikiina – musyrikiina.

Musyrikah Chart

Musyrikatun – musyrikatan – musyrikatin; musyrikataani – musyrikataini – musyrikataini; musyrikaatun – musyrikaatin – musyrikaatin.

3. Sebutkan status (Raf’ / Nasb / Jarr), jumlahnya (tunggal / dua / jamak), dan gendernya (maskulin / feminin) dari Ism berikut ini:

Semoga jawabannya bener semua yak sahabat-sahabat. Nah ada sedikit catetan nih kalo ada yang bertanya-tanya, kenapa sih kalo nulis tanwin bil fathah di akhir kata, koq ditambah alif ya? Misalnya waktu nulis:

مُؤْمِنًا

Atau waktu nulis:

مُشْرِكًا

Yaa, emang begitulah aturannya sahabat-sahabat. Kita perlu nambahin alif kalo di akhir kata harakatnya tanwin bil fathah (statusnya Nasb). Kecuali kalo huruf terakhirnya taa marbuuthah, kita ngga perlu nambahin alif, misalnya

مُؤْمِنَةً

OK sahabat-sahabat, sampai ketemu di next episode, insyaAllah…

Ditulis oleh: Eka Pratama

| Episode 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 5A | 6 | 7 |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.